Bagaimana Hukum Memakai Susuk Secara Islam? Halal Atau Haram?

hukum memakai susuk

Hukum Memakai Susuk

Berbicara tentang susuk, ada satu hal yang selalu menjadi kontroversi. Yaitu hukum memakai susuk Nah, perbedaan pandangan tentang pasang susuk sampai saat ini masih belum ada titik cerahnya. Yang berarti ada kalangan yang menganggap susuk itu haram, ada juga yang membolehkannya meski dengan catatan yaitu mempertimbangkan azas manfaatnya dan menggunakan aliran ilmu mana dalam proses pasang susuknya.

Jika dibolehkan pastinya menggunakan aliran ilmu putih. Yang amalan dan doanya memohon langsung kepada Tuhan

Nah, kali ini saya tidak akan mengatakan atau memutuskan hukum memakai susuk itu halal atau haram. Saya akan kembalikan pada pembaca artikel ini. Menurut Anda boleh atau tidak memasang susuk itu?

Pendapat Ahli Tentang Hukum Pasang Susuk

Pada artikel ini saya akan berbicara hal hal dan pendapat-pendapat yang muncul tentang pasang susuk. Sehingga nantinya Anda bisa menganggap susuk itu haram atau halal. Boleh atau tidak.

Oke, sebagian kalangan yang mengharamkan susuk berpedoman bahwa susuk dapat membuat pemakainya susah meninggal. Terlebih lagi jika media susuknya terbuat dari emas

Sebagian lainnya berpikiran bahwa susuk itu menggunakan ilmu hitam. Jika alasannya karena ilmu hitam. Berarti dibolehkan dong jika menggunakan aliran ilmu putih?

Bahan emas yang digunakan juga menjadi perdebatan tentang pasang susuk. Seperti yang kita tahu dari hadis Rasulullah banyak dibahas bahwa emas haram digunakan bagi lelaki sehingga kemudian muncul berbagai pendapat seperti

Susuk emas haram bagi lelaki tetapi halal bagi wanita.

  • Susuk emas dihalalkan bagi lelaki karena susuk itu keberadaannya ada di dalam kulit dan di luar daging. Hadis yang mengharamkan emas bagi lelaki, jika emas itu dimanfaatkan bagi perhiasan yang nampak.
  • Pendapat yang melarang penggunaan emas dan pendapat yang memperkenankan, kemudian menempatkan susuk sebagai hal yang khilafiyah, sehingga orang “awam” boleh memilih pendapat yang menentramkan hatinya . Artinya ia diperkenankan pendapat yang mengharamkan maupun pendapat yang menghalalkannya.

Ada pendapat lain juga yang mengatakan Karena susuk belum ada pada zaman kenabian dimana hukum pastinya belum terbahas. Sehingga Di sini dibutuhkan ijtihat atau pendapat dari para ahli.


baca juga : Inilah Khasiat Susuk Emas Yang Jarang Diketahui Masyarakat


Nah, Agama Islam menghargai perbedaan pendapat itu dan dari pengamatan saya, masyarakat kita terutama masyarakat jawa memiliki cara pandang yang teramat sederhana, dimana jika mereka mendengar atau melihat ada kalangan orang yang beragama seperti hukama atau ahli hikmah yang menjalankan praktik pemasangan susuk, hal itu bisa diartikan bahwa susuk merupakan hal yang halal.

Dan kenyataannya praktek pasang susuk tidak hanya berlaku dikalangan paranormal saja. Sebagian ahli ilmu hikmah yang notabene nya memahami lengkap pengetahuan ilmu agama ada juga yang melakukan praktek pemasangan susuk

Saya juga mengenal beberapa ahli agama yang juga melayani praktek susuk. Dan bahkanpun saya tahu ada yang namanya susuk halal.

tempat pasang susuk emas

Pasang Susuk Secara Medis

Secara medis praktek pasang susuk juga dikhawatirkan, karena memasukkan benda asing ke dalam kulit. Yang mana, secara medis bisa menimbulkan infeksi dan gangguan medis lainnya. Padahal secara metafisik, saat berhasil dipasangkan, media atau sarana susuk itu akan larut dalam tubuh bersama energi susuknya.

Hanya pasang susuk abal-abal lah, yang masih meninggalkan media susuknya di bagian yang ditanami susuk itu. Sehingga wajar jika pemakai akan merasa terganggu dan memicu gangguan medis. Nah, bagaimana pendapat Anda tentang pasang susuk? Haram atau Halal? Boleh atau Tidak?

Itulah informasi tentang hukum memakai susuk. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan spiritual Anda. Juga tidak ragu untuk pasang susuk karena sudah dapat memahami hukumnya.

Paling di cari :

Haram atau tidak pakai susuk buat voliHukum susuk saHukum susuk samber lilinSusuk samber lilin apa menurut